&
Pseudocode
Game
Finite
State Machine ( FSM ) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang
menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga
hal, yaitu : state ( keadaan ), event ( kejadian ) dan action ( aksi ). Finite
State Machine ( FSM ) pada dasarnya melakukan pemecahan behaviour dari object /
agen berdasarkan statenya. Dimana nantinya juga harus didefinisikan aturan -
aturan transisi sehingga state dapat berubah dari state yg satu ke yang lain.
Pseudocode merupakan deskripsi tingkat
tinggi informal dan ringkas atas algoritma pemrograman komputer yang menggunakan
konvensi struktural atas suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan untuk dibaca
oleh manusia dan bukan oleh mesin. Tujuan dari penggunaan pseudocode adalah
untuk mempermudah manusia dalam pemahaman suatu struktur program dibandingkan
menggunakan bahasa pemrograman yang umum digunakan.
Berikut ini adalah contoh dari Finite State Machine ( FSM
) dan Pseudocode game yang telah saya buat :
ð Finite State Machine ( FSM )
ð Pseudocode
Dari
Finite State Machine ( FSM ) dan Pseudocode diatas dapat disimpulkan bahwa dalam
game tersebut player memiliki 10 keadaan ( stage ) yang akan berubah – ubah sesuai
dengan kondisi yang sedang dialaminya.
Sumber
:

Tidak ada komentar:
Posting Komentar