Rabu, 30 Mei 2018

Finite State Machine (FSM) & Pseudocode Game

Finite State Machine ( FSM )
&
Pseudocode Game

Finite State Machine ( FSM ) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal, yaitu : state ( keadaan ), event ( kejadian ) dan action ( aksi ). Finite State Machine ( FSM ) pada dasarnya melakukan pemecahan behaviour dari object / agen berdasarkan statenya. Dimana nantinya juga harus didefinisikan aturan - aturan transisi sehingga state dapat berubah dari state yg satu ke yang lain.
Pseudocode merupakan deskripsi tingkat tinggi informal dan ringkas atas algoritma pemrograman komputer yang menggunakan konvensi struktural atas suatu bahasa pemrograman, dan ditujukan untuk dibaca oleh manusia dan bukan oleh mesin. Tujuan dari penggunaan pseudocode adalah untuk mempermudah manusia dalam pemahaman suatu struktur program dibandingkan menggunakan bahasa pemrograman yang umum digunakan.
Berikut ini adalah contoh dari Finite State Machine ( FSM ) dan Pseudocode game yang telah saya buat :
ð  Finite State Machine ( FSM )

ð  Pseudocode

Penjelasan :
Dari Finite State Machine ( FSM ) dan Pseudocode diatas dapat disimpulkan bahwa dalam game tersebut player memiliki 10 keadaan ( stage ) yang akan berubah – ubah sesuai dengan kondisi yang sedang dialaminya.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar